Perbedaan Antara ‘Kedudukan Khalik Dan Kedudukan Makhluk (Bag.2)
Dapatkan beragam kitab-kitab Karangan Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki Al Hasani di website www.kitababuya.com
oleh | Abuya Sayyid Muhammad ibn Alawi Al-Maliki Al-Hasani
diterjemahkan oleh | Ust. Kamal Muhlis
الحلقة السابعة عشرة من كتاب مفاهيم يجب أن تصحح
تأليف إمام أهلالسنة والجماعة قرن 21 أبوي السيد محمد علوي المالكي الحسني
مقام الخالق ومقام المخلوق2
وإننا بفضل الله تعالى نعرف ما يجب لله تعالى ، وما يجب لرسوله صلى الله عليه وسلم ، ونعرف ما هو محض حق لله تعالى وما هو محض حق لرسوله صلى الله عليه وسلم من غير غلو ولا إطراء يصل إلى حد وصفه بخصائص الربوبية والألوهية في المنع والعطاء والنفع والضر الاستقلالي [دون الله تعالى] والسلطة الكاملة والهيمنة الشاملة والخلق والملك والتدبير والتفرد بالكمال ، والجلال والتقديس والتفرد بالعبادة بمختلف أنواعها وأحوالها ومراتبها
Perbedaan Antara ‘Kedudukan Khalik Dan Kedudukan Makhluk 2
Sesungguhnya kita – dengan karunia Allah subhana wata’ala – mengetahui dan mengakui apa yang menjadi hak otoritas Allah subhana wata’ala dan apa yang wajib ada pada Nabi (Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam). kita juga mengetahui apa yang hanya menjadi hak Allah subhana wata’ala dan apa yang hanya menjadi hak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tanpa melebihi batas-batas (kemanusiannya). Kita sadar sepenuhnya bahwa kelebihan dan keistimewaan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam – dalam berbagai bentuknya – tidak akan mengangkatnya sampai kederajat tuhan, baik sebagai tuhan yang disembah (ilah) maupun sebagi tuhan yang mengurus alam ini (robb). Ketahuilah, mengakui berbagai macam mukjizat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tidak berarti mengakui Nabi sebagai makhluk yang mempunyai karakter-karakter sempurna dan segala Maha sebagaimana yang dimiliki Allah subhana wata’ala, umpamanya “Maha Kuasa”, “Maha Kuat”, “Mencipta(kan)”, “Raja Maha Kuasa”, “Yang Mengurus Dunia”, “Yang Maha Agung”, Yang Berhak di Sucikan dan di Sembah dengan berbagai cara ibadah, dalam berbagai keadaan, dan dengan berbagai macam tingkatannya.
Bersambung.